Know the rules of Texas Hold'em_Baccarat card type_Football betting network_Baccarat Probability_Bodog Sports Platform

  • 时间:
  • 浏览:0

FooFootball earlytball earlyada juga meme yaFootball earlyng bukannya lucu, juFootball earlystru mengFootball earlyhina. Misalnya meme yang nyamain cewek sama permen, meme yang ngetawain banci, sampai yang menyakiti kaum yang posisinya sudah lemah di masyarakat kita. Duh, udah mereka posisinya lemah, malah dijadiin obyek ketawa. Lelah Kak~

Tapi di balik ribuan hoax, fitnah, debat antar agama, politik, dan SARA, masih ada harapan kok untuk bikin media sosial kawasan yang sehat dan positif buat kita semua. Kalau Facebook cs. jadi tempat yang damai dan bikin ceria, yang paling untung ya kita-kita juga, bukan?

Wah, malah nyinyirin temannya sendiri dengan stereotip suku plus agama. Padahal, apa hubungannya kelakuan satu orang sama kebiasaan seluruh suku atau penganut agama tertentu? Duh, nggak ngerti lagi :'(

Lebih baik upload foto resepsi nikah daripada sebar hoax dan fitnah

Yuk, stop kelakuan-kelakuan minus yang bikin lelah!

Kelakuan yang minus-minus ini nih yang bikin media sosial seperti Facebook, Path, dan Twitter jadi nggak seasyik dulu. Medsos yang seharusnya seru, jadi bikin bete kamu.

Debat panas di media sosial bukanlah pertukaran wawasan atau sudut pandang. Lebih seringnya, mereka adalah sarana untuk saling cekcok, nyinyir, dan menjatuhkan. Ada juga sih teman yang maksudnya baik dan ingin meng-counter kebencian dalam debat. Tapi gak jarang, mereka membalas argumen kebencian itu dengan kekesalan dan kenyinyiran tingkat tinggi.

“Menurut Tetangga: Sehari-hari, Jemaat ABCD Jarang Mandi”

Tapi sesungguhnya, nggak semua meme diciptakan sama…

Tapi bete nggak sih kalau timeline media sosialmu jadi penuh berita dari media abal-abal? Dari judulnya aja udah nggak masuk akal, eh malah disebar. Misalnya aja berita tentang Kedubes AS yang melarang warganya beraktivitas di kawasan Sarinah Jakarta sebelum serangan teror Januari lalu terjadi. Kesannya Amerika sudah tahu soal serangan teror ini, padahal berita itu hoax.

“Gue capek liat lo debat mulu. Pingin cium ubun-ubun lo sampe dingin, sampe adem~~”

Dan dari kelakuan yang positif sampai yang “minus-minus”, semuanya ada.

Lebih baik upload foto liburan daripada debat sampai kepanasan

Apapun yang mampu membuat kita mengingat-Nya — apalagi agama — harusnya bisa bikin damai hati dan lapang dada. Tapi, ada aja orang di media sosial yang menggunakan dalil agama untuk memperkeruh keadaan dan bikin teman-temannya bertengkar.

Iya sih, kita bisa melakukan apa aja di timeline media sosial kita. Toh, yang lihat juga teman dan keluarga sendiri. Tapi nggak mau dong gara-gara kamu, mereka yang kamu sayangi jadi SARA, gampang terprovokasi, dan penuh prasangka?

Kadang saking absurdnya judul berita macam ini, kamu jadi bertanya-tanya dalam hati:

Dalam banyak hal, media sosial memang mirip-mirip sama hutan belantara. Hampir gak ada peraturan kaku yang berlaku di sana. Dampaknya, kita jadi bisa ngelakuin hampir apapun sesuka kita.

*hal yang tidak pernah terjadi dalam debat media sosial manapun*

“Orang [suku X] bukannya biasanya agamanya kuat ya? Ih, kok dia malah suka clubbing gitu sih. Gak malu sama orangtuanya?”

“Wah, gila nih! Argumennya jenius banget. Gue ngaku gue salah.”

Namanya medsos, ya pasti banyak meme di mana-mana. Kamu pun nggak takut ketawa kok, kalau ada meme lucu ya kamu ketawa juga.

“Emangnya penting ya ini diberitain? Medianya kurang bahan atau gimana sih? Ya iyalah jarang mandi, mereka ‘kan pengungsi.

Udah gak punya rumah sama tempat ibadah gitu, malah diberitain yang jelek dan gak penting lagi…”

Jadi sama aja, deh.

Yang parah adalah kalau orang lupa mengecek kembali benar-enggaknya berita atau tepat-enggaknya penggunaan dalil agama.

Gak jarang, medsos udah heboh duluan, gara-gara “fakta” yang bukan fakta dan dalil yang digunakan tak pada tempatnya.

PS: punya komentar tentang tulisan ini? Punya pengalaman pribadi yang nggak enak tentang fitnah dan hoax di media sosial?

Silakan share di kolom komentar, supaya Hipwee dan teman-teman lain di sini bisa sama-sama belajar