Analisis Lokasi「American Gaming Network」 Industri dan Pertanian Melalui Peta

  • 时间:
  • 浏览:0

InovAmAmerican Gaming Networkerican Gaming Networkamerican Gaming NetworkaAmerican Gaming Networksi teknologi tersebut berupa penggunaan traktor, pengembangan bibit unggul, American Gaming Networkdan lain-lain.

Baca juga: Penginderaan Jauh dalam Studi Geografi

Data hasil sistem informasi tersebut dapat digunakan sebagai acuan pengembangan wilayah-wilayah pertanian. Kenampakan wilayah pertanian dapat diidentifikasi melalui peta topografi.

Sedangkan tanaman pertanian yang tidak terlalu membutuhkan air ditempatkan di wilayah dataran tinggi.

Lokasi pertanian cenderung berdekatan dengan sungai dan jalan raya. Tujuannya untuk memudahkan pengairan dan distribusi hasil pertanian.

KOMPAS.com – Peta memiliki beragam fungsi, tidak hanya untuk menampilkan informasi suatu wilayah. Peta juga dapat digunakan untuk menganalisis keberadaan suatu lokasi.

Saat ini sektor pertanian mengalami perkembangan yang cukup pesat. Perkembangan tersebut salah satunya penerapan inovasi teknologi dalam teknik pertanian.

Lokasi industri dapat dianalisis dari sebuah peta topografi dengan memperhatikan kenampakan fisiknya. Ciri-ciri kenampakannya sebagai berikut:

Baca juga: Pengertian Biosfer dalam Studi Geografi

Lahan pertanian milik warga di jalur pendakian Gunung Prau via Igirmranak, Wonosobo, Jawa Tengah.

Dilansir dari Kamus Geografi Istilah dan Penjabarannya (2016) karya Putri Fitria, industri merupakan segala usaha dan kegiatan yang sifatnya mengubah dan mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi atau bahan setengah jadi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pertanian diartikan sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan tanam-menanam.

Lokasi yang biasanya dianalisis keberadaannya melalui peta adalah lokasi industri dan lokasi pertanian. Berikut penjelasan analisis kedua lokasi tersebut:

Baca juga: Teknik Dasar Pembuatan Peta

Tidak hanya teknik pertanian, sistem informasi pertanian juga mengalami perkembangan. Para penentu kebijakan pertanian mulai menggunakan sistem informasi yang berbasis pada peta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Keberadaan lokasi industri di suatu wilayah dipengaruhi oleh tiga faktor, seperti ketersediaan bahan mentah, adanya sarana transportasi, dan pemasaran.

Baca juga: Konsep Antroposfer dalam Kajian Geografi

Dalam peta topografi, jenis pertanian tersebut memiliki ciri kenampakan garis kontur yang agak rapat. Salah satu contoh lokasi pertanian yang ada di dataran rendah adalah daerah Karawang.

Lokasi pertanian, khususnya pertanian lahan basah, cenderung terletak di dataran rendah. Dalam peta topografi, kenampakannya memiliki ciri garis kontur renggang.

Pertanian lahan basah ditempatkan di dataran rendah karena jenis pertanian ini sangat membutuhkan air untuk pertumbuhan tanamannya.

Kenampakan fisik wilayah pertanian dalam peta topografi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Indonesia merupakan salah satu negara agraris. Tidak heran jika rata-rata mata pencaharian penduduknya berasal dari sektor pertanian.